Jumat, 30 November 2018

Berikut Tips Umroh dengan Aman yang Wajib Dipahami

Tips memilih travel umroh yang benar dan AMAN

Menjalankan ibadah umroh yang aman tentu menjadi impian setiap umat muslim, maka perlu tahu tips umroh dengan aman bagaimana. Umroh juga disebut sebagai haji kecil karena memang rukunnya tidak berbeda jauh dengan ibadah haji namun lebih sederhana. Waktu untuk menjalankan ibadah umroh pun tidak sepanjang ketika menjalankan ibadah haji, umumnya berkisar antara 9-10 hari saja.

Tips Aman Menjalankan Ibadah Umroh

Meskipun ibadah umroh ini lebih murah dan lebih sederhana rukunnya, tetap saja kasus penipuan yang dilakukan travel umroh sangat banyak. Hal ini tentu menjadi perhatian tersendiri bagi masyarakat supaya lebih berhati-hati dalam memilih agen travel. Menentukan travel umroh secara selektif menjadi modal terbaik untuk memastikan perjalanan umroh yang direncanakan tidak gagal di tengah jalan.


Memastikan perjalanan ibadah di tanah suci bebas penipuan maka simak tips umroh dengan aman berikut ini:

1. Memilih agen travel resmi,
Pemilihan agen travel umroh memang menjadi kunci suksesnya perjalanan umroh yang diinginkan. Pastikan memilih travel yang sudah resmi yakni sudah terdaftar di Kemenag atau Kementerian Agama. Sebuah travel umroh yang sudah resmi tentunya akan memiliki beberapa surat perizinan. Dimulai dari NPWP Perusahaan, Surat Izin Tetap Usaha Pariwisata, Tanda Daftar perusahaan, Surat Keterangan Domisil Perusahaan, sampai SK Menteri Kehakiman dan SK Depag.

2. Mengecek alamat kantor travel,
Layana jasa travel umroh biasanya ditawarkan secara online meskipun ada pula yang memakai metode konvensional. Tidak peduli dimanapun info mengenai travel tersebut didapatkan entah dari brosur maupun internet. pastikan untuk mengecek alamat kantornya secara langsung, jadi jangan mudah percaya info di brosur. Pengecekan ke lokasi langsung memungkinkan melihat wujud asli kantornya sehingga sudah pasti kantornya ada. Bukan sekedar kantor abal-abal dan menjadi tips umroh dengan aman yang tidak boleh diabaikan.

3. Memperhatikan remak jejak,
Setelah mendapati kantor travel umroh tersebut memang ada dan ketika masuk pun tampilan kantornya menunjukan identitas travel tersebut. Maka langkah selanjutnya untuk memastikan perjalanan umroh aman adalah memperhatikan rekam jejaknya. Setiap jasa travel umroh dijamin sudah beroperasi selama beberapa tahun dan ada histori di setiap waktunya. Jika rekam jejaknya bagus dan tidak pernah terlibat kasus penipuan jamaah, maka mendaftar umroh di dalamnya bisa dikatakan lebih aman.

4. Bijak dalam memilih harga,
Kasus calon jamaah umroh yang ditipu agen travel pilihannya seringkali terjadi dan rata-rata karena memilih travel dengan biaya termurah. Memang tidak dapat dipungkiri bahwa iming-iming biaya lebih ringan menjadi magnet yang sulit ditolak para jamaah. Bahkan yang berkantong tebal sekalipun, namun biaya perjalanan umroh ternyata ada aturannya sendiri dari Kemenag. Sudah ditetapkan batas minimal untuk ibadah umroh ada berapa dan jika ada travel yang menawarkan lebih murah. Tentu patut curiga karena travel tersebut tidak mengikuti aturan.

5. Mengecek fasilitas yang disediakan,
Pemilihan travel umroh yang baik menjadi tips umroh dengan aman yang tentunya perlu diperhatikan dengan seksama. Pastikan memilih dengan cermat dan tidak terlupa mengecek fasilitas umroh yang disediakan. Salah satu tanda yang menunjukan agen travel tersebut aman dan terpercaya adalah terbuka soal fasilitas para jamaahnya. Bertanya mengenai detail fasilitas penting untuk memastikan apa saja fasilitas yang gratis dan mana saja yang perlu memakai uang pribadi.

Biasanya banyak atau sedikitnya fasilitas perjalanan umroh yang diterima akan sejalan dengan jumlah biaya yang dikeluarkan. Semakin mahal paket umroh yang dipilih maka fasilitasnya semakin lengkap dan kelasnya juga kelas terbaik. Inilah alasan mengapa setiap agen travel umroh menghadirkan beragam paket umroh dengan biaya yang berbe-beda. Pasalnya isi paket umroh tersebut memang tidak sama antara satu dengan yang lainnya.

6. Memperhatikan metode pembayarannya,
Memastikan agen travel umroh yang dipilih memang terpercaya juga perlu memperhatikan metode pembayarannya. Biaya perjalanan umroh berkisar antara Rp 16jutaan sampai Rp 26jutaan. Biaya ini biasanya oleh agen travel akan dimasukan ke rekening perusahaan dan bukan atas nama pribadi. Maka patut curiga manakala pembayaran biaya umroh harus ditransferkan ke rekening dengan nama pribadi.

Mengingat biaya perjalanan umroh ini paling murah masih di angka belasan juta maka tidak sedikit yang menabung secara perlahan. Beberapa travel menerima tabungan umroh, dan perlu diakui kebijakan ini tidaklah aman. Sebaiknya untuk yang menabung biaya umroh mempergunakan jasa perbankan. Saat ini nyaris semua jasa perbankan menyediakan produk tabungan umroh yang tentu lebih aman dan terpercaya.

7. Meminta masukan dari kerabat,
Masyarakat yang sudah menjalankan ibadah umroh tentu sudah banyak, karena umroh sendiri bisa dilakukan setiap saat. Berbeda dengan ibadah haji yang per tahunnya hanya bisa dilakukan sekali itupun dengan kuota yang batasnya diatur ketat oleh Kemenag. Penting sekali untuk mencari informasi dan masukan dari kerabat yang sudah lebih dulu berangkat umroh. Sehingga mendapatkan rekomendasi agen travel umroh yang terpercaya untuk memastikan ibadah umroh berjalan sesuai rencana.

8. Memastikan masalah pembimbing umroh,
Memastikan bahwa agen travel umroh yang dipilih menyediakan pembimbing juga sangat penting. Sebab di dalam tips umroh dengan aman keberadaan pembimbing tidak bisa dilepaskan. Nantinya pembimbing ini akan memandu jamaah dalam menunaikan semua rukun umroh. Memandu jamaah ketika  berkunjung ke berbagai tempat wisata selama perjalanan umroh dilakukan, sehingga aman dari resiko tersesat. Menariknya pemandu ini juga berperan sebagai penerjemah ketika jamaah berinteraksi dengan masyarakat di Tanah Suci.

9. Hindari jadwal keberangkatan terlalu lama,
Kasus penipuan yang dilakukan agen travel umroh memang cukup banyak dan mengenalinya sejak awal ternyata tidak sulit. Tidak hanya dari segi biaya yang lebih murah serta biaya yang disetorkan ke rekening pribadi. Tanda agen travel yang melakukan penipuan juga terlihat dari tanggal keberangkatan yang terlalu lama. Padahal perjalanan ibadah umroh bisa dilakukan kapan saja, tentunya aneh jika travel umroh ini malah menjanjikan keberangkatan dengan waktu tunggu sangat lama.

10. Hindari travel umroh dengan sistem MLM,
Pernahkah menjumpai jasa travel umroh yang menerapkan sistem MLM? Ternyata di lapangan jumlahnya lumayan banyak dan cenderung melakukan kegiatan penipuan. Sistemnya adalah calon jamaah akan mendapatkan uang setiap kali berhasil memasukan calon jamaah umroh lainya. Sistem semacam ini memang menarik karena bisa memangkas beban biaya perjalanan umroh yang dilakukan. Namun diberlakukannya sistem MLM ini juga rentan penipuan karena menunjukan travel tersebut beroperasi dengan basis mengeruk keuntungan semata.

Memahami bagaimana memilih travel agen umroh yang terpercaya memang menjadi pondasi dasar untuk menghindari penipuan. Sebab menjalankan ibadah umroh memang lebih nyaman dan aman didampingi jasa travel. Meskipun tidak menutup kemungkinan dilakukan secara mandiri. Apabila memakai jasa travel pastikan menyimak tips umroh dengan aman yang disampaikan di atas sehingga tidak salah pilih.


travel umroh termurah dan terbaik di karawang

bacaan umroh syarat umroh pengertian umroh dan tata caranya rukun umroh hukum umroh paket umroh tata cara umroh sunnah umroh

Informasi Pendaftaran di alhijaz karawang, kantor travel umroh di karawang silakan Hub : 0856.9281.9898

Tidak ada komentar:

Posting Komentar