Selasa, 11 Desember 2018

Persyaratan dan Keberangkatan Umroh Ditahun 2019

Persyaratan dan Keberangkatan Umroh Ditahun 2019


Umroh berarti mengunjungi kota Mekkah dengan melakukan serangkaian ibadah seperti thawaf dan Sa’i. Atau bisa dibilang datang ke Baitullah untuk melakukan ibadah dengan berbagai syarat-syarat tertentu yang sebelumnya sudah ditentukan. Sedikit berbeda dengan ibadah haji. Dimana haji, hanya boleh dilakukan sekali, sedangkan umroh bisa dilakukan berulang kali. Umroh hukumnya bisa menjadi sunnah dan bisa menjadi wajib.

Memahami Hakikat Umroh
Sebelum kami bahas persyaratan umroh ditahun 2019, ada baiknya untuk memahami hakikat umroh terlebih dahulu. Umroh menjadi wajib jika itu baru pertama kali dilaksanakan juga karena nazar. Jika, Anda bernazar akan melakukan umroh jika berhasil mendapat hasil tertentu, maka wajib hukumnya untuk menunaikan ibadah umroh. Dan akan menjadi sunnah bila sudah melakukan umroh sebelumnya. Tahun ini sudah umroh maka tahun depan boleh tidak dilakukan.

Umroh merupakan waktu yang tepat untuk Muhasabah atau introspeksi diri dari apa yang telah dilakukan dan memperbaiki diri menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Jika, Anda sedang ingin berkunjung ke tanah suci dan mencari moment yang tepat, bisa berziarah ke makam kekasih Allah Swt serta memperbaiki iman taqwa kepada-Nya, tahun 2019 agaknya bisa menjadi waktu yang tepat.

Persyaratan umroh ditahun 2019 masih sama dengan tahun-tahun sebelumnya. Hanya mungkin akan ada beberapa hal yang berbeda. Ditahun 2019, bisa jadi menjadi tahun yang sangat ditunggu oleh sebagian jemaah umroh yang akan berangkat tahun depan. Biasanya juga, awal-awal bulan seperti Januari, jemaah umroh tidak seramai biasanya dan Anda bisa beribadah dengan nyaman.

Sebelum Berangkat Umroh Anda Harus Memilih Travel Terbaik
Jika, Anda berniat beribadah umroh tahun depan yaitu 2019, tentu harus memahami persyaratan umroh ditahun 2019. Tapi, sebelumnya Anda harus memastikan terlebih dahulu travel yang akan membantu pergi kesana. Pilihlah travel umroh terbaik, berkualitas dan terpercaya. Sekarang ini tidak sedikit penipuan berkedok travel umroh. Jangan sampai niatan untuk beribadah malah jadi sengsara karena ditipu. lantas, bagaimana memilih travel umroh yang berkualitas?

1. Carilah travel umroh yang amanah dan dibuktikan dengan telah memberangkatan ribuan jamaah ke tanah suci. Dan pastikan jamaah yang diberangkatkan itu bukan fiktif. Anda harus lebih selektif untuk hal yang satu ini.
2. Travel berkualitas dan terpercaya pasti mempunyai izin resmi dari pihak Kementrian Agama Republik Indonesia. Jika ingin berangkat umroh tetapi pihak travel tidak mempunyai izin resmi, sebaiknya berhati-hati.
3. Travel memiliki provider umroh kepunyaan sendiri.
4. Travel akan menggunakan maskapai penerbangan ternama demi kenyamanan dan keamanan para jemaah umroh.
5. Memberi kepastian keberangkatan para jemaah umroh, sudah melakukan booking tiket dari jauh-jauh hari. Serta memberikan tanggal pasti keberangkatan.

Dalam pemilihan travel ini akan berpengaruh terhadap perjalanan umroh Anda, kalau salah memilih yang ada saat sedang beribadah malah tidak fokus karena masalah travel. Ibadahnya jadi kurang khusuk. Selain itu, pilih juga travel dengan harga yang terjangkau sesuai dengan kantong. Karena harga dari satu travel dan travel lainnya berbeda. Bisa lebih mahal, bisa juga lebih murah. Bandingkan harga travel-travel tersebut untuk mendapatkan harga terbaik.

Persyaratan Umroh Ditahun 2019
Ada beberapa hal yang harus dilakukan untuk bisa pergi ke tanah suci. persyaratan umroh ditahun 2019 ini ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi.

Persyaratan umroh untuk keberangkatan

Berikut ini adalah persyaratannya.
1. Mempunyai passport asli dan masih berlaku, minimal memiliki masa berlaku 8 bulan setelah keberangkatan dilakukan. Jangan sekali-sekali pergi keluar negeri tapi menggunakan passport palsu atau passport yang masa berlakunya akan habis. Terdengar sepele tapi masalah seperti ini bisa jadi rumit nantinya.
2. Sudah lunas membayar biaya untuk umroh. Ini jelas harus dilakukan. Jika belum membayar umroh tentu Anda tidak bisa diberangkatkan.
3. Membuat pas photo berwarna dengan ukuran 4x6 sebanyak 10 lembar. Foto harus menunjukan 80 persen wajah dengan backgroundnya yang berwarna putih.
4. Menyerahkan berkas-berkas pendukung lainnya. Seperti, akte kelahiran bagi jemaah anak-anak, buku nikah untuk pasangan suami istri serta fotocopy KTP.
5. Menyerahkan bukti telah melakukan suntik meninghitis.

Syarat dan Rukun Umroh Dalam Islam

Ketika akan pergi umrah, perhatikan juga bahwa syarat ini sudah terpenuhi. Berikut adalah syarat dan rukun umrah dalam islam.

1. Syarat Umroh
Syarat-syarat umroh adalah jemaah harus beragama islam. Kedua,  telah dewasa dan berakal sehat (aqil baligh). Meski dalam umroh bisa mengajak anak-anak, tetapi umroh yang sah harus dilakukan oleh orang yang telah akil baligh. Dan untuk anak-anak, ini bisa jadi sarana edukasi islam yang tepat. Ketiga, ialah orang yang melakukan umroh haruslah merdeka dalam kata lain bukanlah seorang budak. Dan yang terakhir adalah mampu atau istithah.

Jika, syarat-syarat diatas tidak terpenuhi, maka ibadah umrohnya dianggap tidak sah.

2. Rukun Umroh
Rukun umroh yang harus dilakukan nanti adalah satu, melakukan niat ihram. Kedua, melakukan thawaf, ketiga, Sa’i atau berlari-lari kecil diantara shofa dan marwah. Keempat, mencukur seluruh atau sebagian rambut kepalanya (melakukan tahallul).
Rukun umroh dilakukan secara berurutan, tidak boleh dilewat urutannya karena jika terjadi maka umrohnya harus diulang dari awal.

Persiapan Untuk Umroh
Untuk melakukan umroh, para jemaah juga harus mempersiapkan diri dan perlengkapan selama berada di mekkah.

Persiapan Hati Selama Akan Melakukan Umroh

1. Mengikhlaskan hati untuk fokus beribadah kepada Allah Swt. Bukan hanya untuk sekedar berliburan atau jalan-jalan ke tanah suci mekkah. Karena tidak sedikit orang yang pergi ke mekkah bukan untuk beribadah tapi malah menjadikan umroh sebagai liburan semata.
2. Bertobat, dengan memperbaiki kesalahan yang pernah dilakukan. Meminta maaf kepada Allah Swt. Dan berubah menjadi pribadi yang lebih baik. Jadikan umroh sebagai pendekatan diri kepada allah Swt. Minta petunjuk kepadanya atas segala keresahan yang sedang dialami.
3. Tidak percaya dengan mitos-mitos yang ada di masjidil haram. Seperti salah satu contohnya adalah dengan mempercayai mitos tentang burung merpati. Katanya, jika ada burung merpati yang mau memakan makanan yang jemaah berikan, uang yang didapatkan itu uang halal. Dan sebaliknya, jika burung merpati tidak mau memakan makanan yang diberikan, itu tandanya uang tersebut uang haram. Dan ini sama sekali tidak benar.
4. Menjaga kesehatan dan menjaga hati. Usahakan untuk meredam emosi sebisa mungkin saat melakukan umroh. Jangan berfikiran negatif selagi disana, fikiran negatif dapat mempengaruhi jiwa dan kesehatan.
5. Mempersiapkan petunjuk mengenai umroh diluar dari petunjuk yang travel berikan.  Hanya untuk sekedar berjaga-jaga jika sewaktu-waktu ada sesuatu yang diperlukan.

Persiapan Perlengkapan Umroh

Ketika melakukan umroh, artinya Anda akan melakukan perjalanan jauh. Dan pasti perlengkapan yang diperlukan juga tidaklah sedikit. Seperti makanan ringan, pakaian, obat-obatan dan lain-lain. Barang-barang pribadi seperti itu, harus dibawa karena pihak travel tentu tidak akan menyediakan. Terutama obat-obatan bagi jemaah yang menderita penyakit tertentu.

Jadi, untuk mempersiapan umroh, hal pertama yg harus dilakukan adalah niat. Niat itu harus bersih dan murni untuk ibadah, untuk mendekatkan diri pada Allah. Selanjutnya tentu saja persyaratan yang berhubungan dengan administrasi. Jangan lupa untuk memilih agen umroh yang terpercaya.

Informasi pendaftaran umroh paket heman dan plus turki silakan WA 0856.9281.9898

Tidak ada komentar:

Posting Komentar